Dewasa ini perkembangan computer begitu pesat
yang didukung dari beberapa prosesor dan kartu grafis yang canggih untuk
mendukung kebutuhan manusia khususnya dalam bidang teknologi. Salah satunya
adalah dalam bidang grafik computer dan pengolahan citra.
Secara garis besar grafik computer merupakan
proses untuk menciptakan suatu gambar bersadarkan ide atau deskripsi menjadi
sebuah gambar, sedangkan pengolahan
citra (Image Prosesing) merupakan suatu perbaikan kualitas agar mudah di
interpretasi oleh manusia atau computer.
Pada pengolahan citra dan grafik computer
penerapannya tidak hanya pada teknik informasi saja, akan tetapi hampir semua
bindang ilmu pengetahuan khususnya teknologi mengunakan grafik computer dan
pengolahan citra seperti arsitektur, desain, simulasi dan lain-lain
Dalam makalah ini, saya selaku penulis akan mengulas sedikit mengenai pengolahan
citra dan grafik computer, serta penerapannya dalam kedua bidang ilmu tersebut.
GRAFIKA KOMPUTER
Grafika
Komputer adalah proses untuk menciptakan suatu gambar berdasarkan deskripsi
obyek maupun latar belakang yang terkandung pada gambar tersebut. Grafika
komputer merupakan teknik untuk membuat gambar obyek sesuai dengan obyek
tersebut di alam nyata (realism).
Grafika komputer bertujuan menghasilkan gambar/citra (lebih tepat disebut grafik/picture) dengan primitif-primitif geometri seperti garis, lingkaran, dsb. Primitif-primitif geometri tersebut memerlukan data deskriptif untuk melukis elemen-elemen gambar. Data deskriptif : koordinat titik, panjang garis, jari-jari lingkaran, tebal garis, warna, dsb. Grafika komputer berperan dalam visualisasi dan virtual reality.
Grafika komputer bertujuan menghasilkan gambar/citra (lebih tepat disebut grafik/picture) dengan primitif-primitif geometri seperti garis, lingkaran, dsb. Primitif-primitif geometri tersebut memerlukan data deskriptif untuk melukis elemen-elemen gambar. Data deskriptif : koordinat titik, panjang garis, jari-jari lingkaran, tebal garis, warna, dsb. Grafika komputer berperan dalam visualisasi dan virtual reality.
Semakin canggih paralatan pendukung
grafik komputer yang beredar di pasaran maka semakin banyak bidang yang
memanfaatkan grafik komputer. Pada kehidupan sehari-hari semakin sering
memanfaatkan grafik komputer dalam memvisualisasikan kegiatan-kegiatan yang
sedang berlangsung di lingkungan tersebut. Berikut ini adalah beberapa contoh
penerapan grafik computer berbagai bidang:
1.
Video Game
Video games merupakan permainan yang melibatkan interaksi
dengan user interface untuk menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada
perangkat video. Video games yang beredar di pasaran ada yang 2D dan ada yang
3D.
Dengan
adanya kemajuan yang pesat dibidang grafik computer, video games saat ini
kebanyak adalah 3D dan detail gambar yang dihasilkan sangat halus dan mirip
dengan objek asli. Tapi tentunya untuk memainkan video games yang seperti ini
diperlukan pula kemampuan computer yang bagus agar tidak terjadi lagging saat
games ini dimainkan
2.
Dalam computer-aided
design (CAD)
Grafika
komputer bisa digunakan untuk merancang komponen-komponen dari sistem mekanis,
elektris, elektro-mekanis maupun piranti lainnya. Sistem-sistem tersebut mencakup
struktur bangunan, badan-badan mobil, pesawat terbang dan sebagainya. Penekanan
di bidang tersebut adalah dihasilkannya citra dengan ketelitian yang sangat
tinggi. Selain itu citra yang dihasilkan dari CAD bisa dipakai sebagai masukan
bagi suatu sistem yang akan mengevaluasi model yang digambar sesuai kebutuhan.
CAD
sangat membantu bagi para arsitek, karena jika dia melakukan kesalahan dalam
pembuatan sebuah desain, dia tinggal mengeditnya supaya benar. Jika arsitek
mengerjakan desain dengan cara primitive, jika terdapat kesalahan maka dia akan
membuatnya dari ulang. Dalam hal perhitungannya pun, angka yang dihasilkan CAD
pasti lebih absolute. Contohnya adalah Autocad, 3ds Max, dan lain-lain.
3.
Dalam bidang antarmuka grafis
(Graphical User Interface/GUI)
grafika komputer seolah-olah menyediakan suatu bahasa antarmuka pemakai
(user interface) yang baru. Hal itu dikarenakan dialog antara
pemakai dan komputer tidak lagi hanya dilakukan melalui suatu perintah yang
harus diketikkan, tetapi pemakai juga bisa memilih suatu simbol atau icon yang
tersedia untuk mengerjakan aktivitas yang diinginkan. Pemilihan icon bisa
dilakukan menggunakan piranti pembantu seperti mouse, lighpen dan lainnya.
4.
Virtual Reality
Virtual Reality adalah
lingkungan virtual yang seakan-akan begitu nyata di mana user dapat
Berinteraksi dengan objek-objek dalam suasana atau lingkungan 3 dimensi.
Perangkat keras khusus digunakan untuk memberikan efek pemadangan 3 dimensi dan
memampukan user beriteraksi dengan objek-objek yang ada dalam lingkungan.
Contoh: Simulasi SIM, Simulasi pesawat terbang aplikasi VR parachute trainer
yang digunakan oleh U.S. Navy untuk latihan terjun payung. Aplikasi ini dapat
memberikan keutungan berupa mengurangi resiko cedera selama latihan, mengurangi
biaya penerbangan, melatih perwira sebelum melakukan terjun payung sesungguhnya.
PENGOLAHAN CITRA
Pengolahan citra adalah pemrosesan
citra, khususnya menggunakan komputer, menjadi citra yang kualitasnya lebih
baik dan sesuai dengan keinginan pemakai. Pengolahan citra bertujuan untuk memperbaiki
kualitas citra agar mudah diinterpretasi oleh manusia atau mesin (dalam hal ini
komputer).
Teknik-teknik pengolahan citra
mentransformasikan citra ke citra yang lain. Jadi masukannya adalah citra dan
keluarannya juga citra, namun citra keluaran atau hasil dari pengolahan citra mempunyai
kualitas lebih baik dari pada citra masukan.
Berikut ini adalah contoh penerapan
pengolahan citra dalam berbagai bidang:
1.
Identifikasi Objek
Yaitu pengolahan citra digital yang mampu mengidentifikasi
jenis atau banyaknya objek dalam suatu citra contohnya adalah Aplikasi face
detection, aplikasi ini mampu mengidentifikasi wajah seseorang
2.
Bidang Kesehatan
Disini bidang kesehatan bertujuan
untuk rontgen tubuh manusia yang berfungsi untuk mengetahui penyakit yang ada didalam tubuh
manusia. Dengan mengunakan sinar x yang di tembakan ke tubuh manusia sehingga
menjadi protret tubuh manusia bagian dalam dan kemudian diolah untuk
mempermudah para medis untuk melakukan analias terhadap penyakit.
3.
Teknologi Pengamanan
Suatu system mengalami kemajuan pesat akibat pesatnya
perkembangan pengolahan citra pada bidang biometrika. Sebagai contoh
pemanfaatan sidik jari, retina mata, wajah dan biometrika yang lainnya itu
semua dipergunakan untuk mengidentifikasi seseorang pada sytem keamanan
4. Mikroskop Eletron
DAFTAR PUSTAKA
http://iraagustin.wordpress.com/2011/09/29/pengertian-komputer-grafik/
http://fachryfadilla.blogspot.com/2013/10/grafik-komputer.html
http://temukanpengertian.blogspot.com/2013/08/pengertian-grafika-komputer.html
http://setyopangestu80.blogspot.com/2012/10/grafik-komputer-dan-pengolahan-citra.html










No Response to "Pengertian Grafik Komputer dan Pengolahan Citra serta pemanfaatan dalam berbagai bidang"
Posting Komentar